Pinjaman Dana Online Atau KTA, Pilih Mana?

Perbedaan KTA dan Dana Online

Apakah pinjaman dana online itu? Pinjaman dana online adalah pinjaman yang disediakan oleh pihak mana pun, termasuk oleh rentenir. Ya, rentenir sekarang sudah lebih canggih. Mereka juga memasarkan jasa mereka via online. Hanya dengan modal KTP anda sudah bisa mendapatkan pinjaman. Hanya saja, anda harus siap dengan bunga yang tinggi. Saat ini rentenir online yang berkedok KTA sangat banyak dan menjamur. Seolah-olah mereka memberikan pinjaman dengan bunga ringan dan dijamin tidak memberatkan nasabah, namun setelah dibandingkan dengan KTA yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan, pinjaman dari dana online nyatanya tidak lebih ringan.

Perbedaan KTA dan Dana Online

Untuk membedakan antara pinjaman dana online dan KTA atau Kredit Tanpa Agunan, anda harus paham bahwa KTA berbunga ringan hanya dikeluarkan oleh lembaga keuangan atau bank. Selain itu, KTA menyediakan plafon pinjaman hingga ratusan juta. Bila anda mengajukan KTA melalui CekAja, plafon kredit yang disediakan minimal Rp. 5 juta dan maksimal Rp. 300 juta. CekAja juga melayani aplikasi berbagai produk KTA dari berbagai bank dan lembaga keuangan. Semua aplikasi bisa diproses secara online, mudah, dan cepat. KTA ini biasanya menawarkan bunga mulai dari 0,98 persen hingga 2 persen dan bersifat tetap. Tenor atau jangka waktu kredit mencapai 5 tahun. Yang lebih penting lagi, KTA yang digawangi oleh bank dan lembaga keuangan dalam pelaksanaannya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Proses KTA Lebih Rumit Dibanding Dana Online

Untuk proses aplikasi KTA, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi, seperti fotokopi KTP, NPWP, slip gaji, Kartu Keluarga, dan lain-lain. Proses verifikasi dan penaksiran KTA berkisar antara 3-21 hari, ada biaya administrasi, denda jika terlambat membayar tagihan, dan ada pengecekan BI. Jadi, bagi nasabah yang memiliki riwayat kredit yang buruk tidak akan bisa mengajukan aplikasi kredit lagi.

Dana Online Lebih Mudah dan Cepat

Pinjaman dana online tidak membutuhkan banyak persyaratan seperti KTA. Nasabah hanya diminta menyerahkan fotokopi KTP saja untuk mengajukan pinjaman. Tidak ada dokumen apa pun yang disyaratkan kreditur. Juga, tidak ada verifikasi ke rumah nasabah. Pinjaman nasabah bisa cair hari itu juga. Hanya saja, dana online ini memiliki plafon kredit yang sangat minimal, biasanya hanya sebesar Rp. 10 juta saja. Bunga yang ditetapkan sangat tinggi, bahkan bisa melebihi kemampuan nasabah. Besarnya bunga bisa mencapai 30 persen dengan tenor pinjaman 1-3 bulan saja. Juga, jangka waktu pinjaman sangat pendek, biasanya hanya dalam hitungan bulan dan tidak ada asuransi. Jika ada keterlambatan, maka akan ada tambahan biaya.

Meski pinjaman dana online menawarkan proses yang cepat dan tidak berbelit-belit, sebaiknya pikirkan berkali-kali sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman di sini. Bisa jadi anda berpikir, nasabah bisa saja tidak membayar, karena dokumen yang dibutuhkan hanya fotokopi KTP. Jangan salah, dana online ini sama dengan rentenir, dan mereka memiliki jaringan yang luar biasa. Mereka bisa menyewa jasa debt collector untuk menagih utang pada nasabah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *