cara menghilangkan komedo putih
Sumber: Healthdetik.com

Komedo putih atau disebut whitehead atau biasa kita sebut dengan komedo putih merupakan salah satu jenis jerawat yang terbentuk dari sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori. Folikel-folikel rambut juga ikut terperangkap, sehingga disebut juga dengan komedo tertutup. Siapapun berpeluang memiliki komedo putih ini, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Meskipun pada masa remaja tidak pernah mengalami masalah pada kulit, dan perlu kita ketahui setiap orang tetap berpotensi memiliki komedo ketika dewasa, tergantung pola hidup dan kebiasaan sehari-hari. Komedo sendiri adalah jenis jerawat ringan dan muncul karena produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Komedo dapat muncul di bagian tubuh manapun, namun umumnya di hidung, dagu, dan kening (atau yang disebut dengan ‘zona T’). pemahaman tentang penyebab komedo putih sangat penting. Seperti telah dijelaskan di atas, penyumbatan pada pori-pori menjadi penyebab utama munculnya komedo putih. Penyumbatan pori-pori itu bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah perubahan hormon. Sehingga penting sekali untuk kita mengetahui penyebab munculnya komedo putih tersebut. agar dari sekarang kita dapat lakukan pencegahan munculnya komedo tersebut suatu saat. Sehingga, tidak perlu repot-repot untuk mencari berbagai cara menghilangkan komedo putih tersebut. Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab dari munculnya komedo yang satu ini:

  • Kulit yang berminyak, baik karena pelembap kulit atau karena cuaca yang lembap.
  • Pecahnya folikel rambut, misalnya akibat memencet jerawat, mencuci muka secara berlebihan, peelingmenggunakan bahan kimia, atau terapi laser.
  • Paparan bahan kimia, seperti isopropyl myristate, propylene glycol, dan beberapa pewarna komestik.
  • Beberapa produk makanan, terutama yang mengandung susu serta kadar gula dan lemak yang tinggi
  • Merokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komedo putih lebih sering terjadi pada orang yang merokok dibandingkan mereka yang tidak.[1]

untuk mengetahui cara menghilangkan komedo putih, kita dapat menggunakan beberapa produk. Akan tetapi tidak disarankan untuk menggunakan produk ini secara sekaligus. Berikut beberapa produk yang dapat menjadi acuan.

  • Pembersih muka mengandung eksfoliator

Scrub pada pembersih muka bersifat sebagai eksfoliator yang bisa menyingkirkan sel-sel kulit mati. Cara yang satu ini tidak hanya berguna untuk menghilangkan komedo, tapi juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih lembut. Saat memilih produk pembersih muka, pilihlah produk yang mengandung scrub lembut berukuran kecil untuk mencegah iritasi dan kulit kering. Namun perlu diingat jangan menggunakan scrub pada saat kulit Anda meradang.

  • Benzoil peroksida

Berikutnya cara menghilangkan komedo putih adalah dengan menggunakan produk mengandung benzoil peroksida. Senyawa ini memiliki fungsi menyerupai asam salisilat serta dapat menghalau bakteri dan meredakan peradangan. Karena fungsi inilah, benzoil peroksida banyak digunakan dalam produk-produk yang dirancang untuk mengatasi jerawat.

  • Asam salisilat

Asam salisilat dapat menurunkan produksi minyak pada pori-pori, mengeringkan permukaan kulit, serta menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Senyawa ini biasanya terdapat dapat produk toner dan astringen untuk jerawat, serta beberapa jenis krim dan gel pelembap wajah.

  • Krim retinoid

Vitamin A dapat membantu mengatasi komedo putih yang membandel, dan krim retinoid merupakan salah satu sumber terbaik vitamin ini. Anda dapat memperoleh manfaat retinoid dengan menggunakan krim perawatan wajah yang berfungsi untuk mencegah penuaan. Perlu diingat bahwa krim retinoid akan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi hindari paparan sinar matahari langsung saat Anda menggunakannya.[2]

[1] Sumber referensi Alodokter.com

[2] Sumber referensi Hellosehat.com

author image

Tentang Admin

Anda Mungkin Juga Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *